Inilah 10 Panduan Pemilihan Caleg dari Uskup Ruteng

Uskup Ruteng Mgr. Hubert Leteng Pr. Foto: Ist

Uskup Ruteng Mgr. Hubert Leteng Pr. Foto: Ist

Ruteng, Indonesianway.com – Menjelang masa Pra-Paska 2014, Uskup Ruteng Mgr. Dr. Hubertus Leteng Pr mengeluarkan surat gembala untuk umat di Keuskupan Ruteng yang mencakup tiga kabupaten di wilayah Manggarai Raya (Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat), Nusa Tenggara Timur.

Salah satu poin menarik dari surat gembala ini adalah adanya Panduan Pemilihan Caleg (DPR/DPRD/DPD) 2014 kepada seluruh umat di Keuskupan Ruteng. Dalam salinan yang didapatkan The Indonesian Way, Mgr. Hubert menggariskan 10 poin penting yang harus ada dalam diri seorang caleg yang layak dipilih oleh umat Katolik Keuskupan Ruteng dalam pemilu legislatif bulan April 2014 nanti.

Pertama: Seorang caleg mesti memiliki integritas moral yang teruji dan terpuji. Dia mesti memiliki rekam jejak yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dan terbukti menghayati kejujuran, keadilan dan kebenaran dalam hidup sehari-hari. Karena itu janganlah memilih seorang caleg yang korup dan tidak jujur.

Kedua: Caleg tersebut sungguh-sungguh peduli pada sesama dan bersolider dengan orang miskin dan sengsara. Hal ini mesti tampak dalam perjalanan hidupnya selama ini. Dia rajin mengunjungi masyarakat dan tanggap terhadap kesulitan dan aspirasi mereka. Karena itu berhati-hatilah terhadap caleg dermawan dadakan, yaitu yang membagi beras dan uang serta memberikan sumbangan hanya pada saat-saat menjelang pemilu.

Ketiga: Caleg itu memiliki kemampuan intelektual, kematangan emosional dan keterampilan kepemimpinan yang memadai agar kelak dapat menjalankan secara efisien dan efektif tugas pelayanannya sebagai anggota DPR/DPRD/DPD. Dia juga mesti mempunyai semangat disiplin, tekun, kerja keras dan bertanggungjawab dalam tugas.

Keempat: Caleg tersebut menghayati kehidupan beragama secara baik dan jujur. Artinya dia beribadat bukan supaya “dilihat oleh orang” (Mt 6:5), tetapi sungguh-sungguh menjalankan hidupnya sesuai kehendak Tuhan dan dapat mempertanggungjawabkan segala perbuatannya kepada Tuhan. Karena itu janganlah memilih caleg yang menggunakan dan memanipulasi simbol-simbol religius katolik demi kepentingan politik pribadinya.

Kelima: Caleg itu memiliki wawasan dan semangat kebangsaan yang mendalam. Dia tidaklah mementingkan suku, agama dan ras tertentu tetapi memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Dia juga menghargai kemajemukan dan bersikap toleran dalam kehidupan antar umat beragama.

Keenam: Caleg tersebut mempunyai komitmen untuk memperjuangkan martabat pribadi dan hak-hak asasi manusia. Dia berjuang membela kehidupan sejak pembuahan dalam kandungan ibu sampai dengan kematian serta berani memerangi segala bentuk kekerasan dan pembunuhan.

Ketujuh: Caleg itu mengakui martabat pria dan wanita dengan segala keunikannya dan memperjuangkan keadilan gender dalam kehidupan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Kedelapan: Caleg tersebut berjuang untuk mengatasi ketidakadilan ekonomi dan berpihak kepada kaum kecil dan lembah demi terwujudnya keadilan sosial.

Kesembilan: Caleg tersebut berwawasana ekologis. Dia mesti memperjuangkan kelestarian alam antara lain melalui perawatan hutan dan pengelolaan sampah menuju keutuhan ciptaan. Karena itu janganlah memilih caleg yang mendukung kegiatan pertambangan yang merusak alam Manggarai Raya.

Kesepuluh: Caleg tersebut mencintai dan mengusahakan perdamaian dalam kehidupan bersama dan anti kekerasan.

“Prinsip-prinsip panduan dalam kehidupan sosial politik ini terasa semakin penting dalam situasi politik nasional dan lokal dewasa ini yang diwarnai oleh banyaknya partai politik dan melimpahnya kandidat yang bertarung dalam Pemilu Legislatif. Tetapi hal ini juga dapat menimbulkan kebingungan di kalangan umat dalam menentukan pilihan politik yang tepat. Karena itu kami mengajak dan mendorong umat untuk memilih seorang calon legislatif yang memenuhi syarat dasar ini,” tulis Mgr. Hubert, dalam surat gembala itu. (HK)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply