Bangun Gedung SMK Kota Komba, Warga Serahkan Lima Hektar Tanah

 

Borong, Indonesianway.com – Warga Desa Ranakolong, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, menyerahkan lahan seluas lima hektar kepada pemerintah untuk membangun gedung Sekolah Menengah Kejuruaan 1 Kota Komba di Betong Torok, Desa Ranakolong.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian warga terhadap kemajuan  pendidikan di Manggarai Timur. Warga merasa kasihan dengan siswa-siswi  SMK 1 Kota Komba karena selama ini melaksanakan kegiatan belajar mengajar di Gedung Gereja  Messi.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Selamat Fransiskus, mengatakan saat ini jumlah murid di SMK 1 Kota Komba ada 37 orang yang tersebar di dua jurusan yaitu jurusan pertanian dan peternakan. Selama ini mereka mengadakan aktivitas belajar mengajar di gedung Gereja (Kapela) Messi.

“Kami berterimakasih bahwa hari ini tim verifikasi lokasi dari Direktorat SMK pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melihat langsung kesiapan dan dukungan penuh dari warga masyarakat dan pemerintah Desa Ranakolong. Kami berharap penilaian verifikasi lokasi pembangunan gedung SMK 1 Kota Komba disetujui oleh Direktorat SMK pusat sehingga anak-anak dapat belajar dan menerima mata pelajaran di gedung yang memadai,” ujar Selamat.

Ketua Komite SMK 1 Kota Komba, Paulus Ndoi mengatakan, tanah yang diserahkan kepada SMK 1 Kota Komba seluas lima hektar. Ini merupakan kerelaan dari warga dan pemerintah Desa Ranakolong untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia di wilayah selatan Kecamatan Kota Komba.

Tokoh Masyarakat Desa Ranakolong, Fransiskus Ndolu mengakui  kehadiran SMK 1 Kota Komba sudah memberikan kontribusi kepada masyarakat di Desa Ranakolong.  “Kami sudah merasakan kehadiran SMK 1 Kota Komba di Desa Ranakolong. Guru-guru SMK sudahmembantu menyembuhkan ternak kami. SMK 1 Kota Komba juga memberikan contoh teknik menanam sayur-sayuran,” jelas Ndolu.

Sementara Staf Direktorat SMK pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Umar, menjelaskan, dirinya mengunjungi Kabupaten Manggarai Timur untuk melaksanakan verifikasi calon lokasi untuk membangun gedung SMK 1 Kota Komba.

“Pemerintah Pusat, tepatnya Direktorat SMK, ingin melihat langsung lokasi untuk membangun sebuah gedung sekolah. Setelah direktorat SMK pusat menilai bisa membangun gedung atau tidak. Yang utama,  bukan hanya membangun gedung sekolah, tetapi sekolah itu akan maju dan berkembang kedepannya,” paparnya.

Kepala Sekolah SMK 1 Kota Komba, Daniel Ando menjelaskan, minat pelajar untuk sekolah di SMK 1 Kota Komba sangat tinggi, namun minimnya fasilitas dan sarana pembelajaran membuat mereka mengurungkan niatnya.

“Kami berharap, tim penilai dari Direktorat SMK dapat menyetujui pembangunan gedung SMK 1 Kota Komba yang sangat layak sesuai dengan persyaratan dari sana,” ujar Ando kepada The Indonesia Way di Betong Torok, Manggarai Timur, Senin (25/11/2013). (Markus Makur, Kontributor Manggarai Timur)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply