Tak Sanggup Bayar UMP, 4 Perusahaan Korea Angkat Kaki dari JIEP

Jakarta, Indonesianway.com  – Empat perusahaan asal Korea Selatan (PT Winer 3, PT Hansol, PT Hansai 5 dan PT Olimpic),  berencana menutup pabriknya yang beroperasi di  Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Penutupan pabrik ini dilakukan karena keempat perusahaan ini tak sanggup membayar upah buruh sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp 2,2 juta.

“Empat perusahaan tersebut telah mengajukan  rencana penutupan pabrik ini kepada Dewan Pengurus Kota Apindo Jakarta Timur. Mereka langsung lewat Apindo dan Gubernur DKI, tidak melalui JIEP,” ujar Kepala Humas PT JIEP, Achmad Maulizal, di Jakarta, Senin (19/8/2013).

Penutupan pabrik ini akan berdampak pada hilangnya pekerjaan bagi sekitar 2.000 pekerja. Padahal sejak ditetapkannya UMP pada awal tahun 2013 ini, sudah lebih dari 1.200 buruh yang dirumahkan oleh beberapa perusahaan yang beroperasi di JIEP.

Menanggapai rencana penutupan keempat pabrik ini, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku tidak bisa berbuat banyak. Sebab, pemberian upah merupakan urusan perusahaan dengan karyawannya. Apalagi Pemprov DKI Jakarta memang berencana menggeser industri keluar ibu kota.

“Kalau itu kan urusan perusaahaan dengan pekerja, mereka bisa berbicara. Tapi apa kita mau di Jakarta ini penuh dengan industri? Kan tidak. Arah kita jelas, kalau industri memang baiknya di luar atau di pinggir Jakarta,” ujarnya seperti dikutip beritajakarta.com. (HK)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply