Pemilu Kada Sembilan Kabupaten di NTT Dimajukan

Kupang, Indonesianway.com – Pemilihan umum kepala dearah (pemilu kada) di sembilan kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang semula dijadwalkan berlangsung pada 2014, dimajukan menjadi 2013.

Sembilan kabupaten itu ialah Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Rote Ndao, Manggarai Timur, Belu, Timor Tengah Selatan, Alor, Kupang, dan Ende. Pemunggutan suara putaran pertama dijadwalkan mulai Agustus, sedangkan pemunggutan suara putaran kedua pada 26 September.

“Pemilu kada digelar serentak, tetapi pelantikan kepala daerah terpilih disesuaikan dengan masa akhir jabatan kepala daerah tersebut,” kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT Djidon de Haan di Kupang, Selasa (7/5/2013).

Pemilu kada serentak minus Pemilu Kada Kabupaten Nagekeo yang juga menggelar pemilu kada pada 2013, namun tidak digabung dengan kabupaten lainnya. Tahapan Pemilu Kada Nagekeo sudah dimulai sejak Februari lalu.

Selain itu, Pemilu Kada Kabupaten Sikka yang juga digelar tahun ini penyelenggarannya bersamaan dengan Pemilu Kada NTT. Pemilu kada putaran pertama digelar 18 Maret lalu dan putaran kedua dijadwalkan berlangsug 22 Mei mendatang.

Djidon mengatakan penyelenggaraan pemilu kada serentak sesuai surat arahan KPU Nomor 600 Tahun 2012. Surat itu mengatur pelaksanaan pemilu kada yang akhir masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerahnya berada pada rentang waktu November 2013 sampai Juli 2014, dilaksanakan paling lambat Oktober 2013. (MN)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

One Response

  1. palce amalo07/05/2013 at 21:39Reply

    berita pemilu kada 9 kabupaten di ntt dimajukan yang dimuat http://www.theindonesianway.com ini, itu tulisan saya yg diambil dari metrotvnews.com. Anda mengambil berita ini tanpa menyebut sumbernya..ini melanggar pedoman pemberitaan media siber yang dikeluarkan Dewan Pers. saya tunggu komentar anda.

Leave a Reply