Pindah Partai, Anggota DPR Manggarai Ramai-ramai Mengundurkan Diri

Ruteng, Indonesianway.com -  Penetapan partai peserta pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu berdampak pada berpindahnya sejumlah kader dari partai yang dinyatakan tidak mengikuti peserta pemilu. Tidak hanya anggota DPR RI, tetapi juga anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten.

Di kabupaten Manggarai, NTT, belasan anggota DPRD Manggarai telah menyatakan sikap untuk mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Manggarai. Pengunduran diri ini menjadi konsekuensi logis dari sikap kader tersebut yang berpindah partai.

Sesuai ketentuan, jika anggota DPRD telah mengusulkan pengunduran diri, maka institusi DPRD Manggarai akan melakukan PAW terhadap anggota DPRD yang bersangkutan.

Proses pergantian antar waktu (PAW) yang dilakukan DPRD Manggarai akan dilakukan dalam waktu satu Minggu setelah pengunduran diri anggota DPRD Manggarai.

“Dalam waktu 1 Minggu setelah pengunduran diri. Sesuai mekanismenya, harus demikian” kata Ketua DPRD Manggarai, Yoseph Bom, Rabu (03/04/2013).

Menurut Yoseph Bom, ada 3 hal yang menjadi faktor seseorang di PAW. Pertama, mengundurkan diri, Kedua, meninggal dunia, dan ketiga, diusulkan partainya untuk di PAW.

Robert Kary Funay, yang sebelumnya menjadi anggota DPRD Manggarai dari Partai Pelopor, menyatakan kesiapanya untuk mengundurkan diri karena berpindah partai.

“Bukan hanya saya, nanti ada 12 orang anggota yang akan di PAW. Ya, Karena pindah partai. Saya ke Nasdem” kata Robert kepada The Indonesian Way, Rabu (3/4/2013).

Sementara itu, sekretaris jenderal PMKRI Cabang Ruteng, Aldo Salis, menegaskan bahwa partai politik (parpol) yang telah dinyatakan sebagai peserta pemilu harus memiliki format evaluasi kinerja anggota DPRD Manggarai yang berpindah partai.

Menurut Aldo, parpol sebaiknya tidak hanya melihat perpindahan anggota DPRD Manggarai dari faktor kedekatan emosional.

“Yang paling penting kinerja. Selama menjadi anggota DPRD, dia berkontribusi apa untuk rakyat Manggarai. Parpol jangan asal terima karena kedekatan emosional dengan anggota itu” kata Aldo saat dihubungi via telephone selulernya. (MG)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply