Longsor Lumpuhkan Akses Reo-Ruteng

Ruteng, Indonesianway.com – Cuaca buruk yang ditandai hujan deras disertai angin kencang yang melanda beberapa kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) sepekan terakhir mengakibatkan banjir dan longsor yang cukup besar. Di Manggarai, selain banjir di wilayah Reo, longsor besar juga terjadi kemarin, Jumat (01/03/2013) di Gapong, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Longsor tersebut menutup 100 meter ruas jalan Ruteng- Reo, akses utama ke wilayah utara kabupaten Manggarai. Longsor tersebut merupakan longsor terbesar di Manggarai pada tahun 2013. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Reo maupun dari arah Ruteng lumpuh total.

“Ini longsor terbesar di tahun 2013. Kita sudah pasang police line di ujung utara dan ujung selatan lokasi longsor ini. Dan akan dibuka saat pembersihan material longsor selesai” kata Kapolsek Cibal, Made Mudana, Sabtu (02/03/2013) di lokasi longsor

Selain arus transportasi kendaraan berpenumpang seperti bus, travel dan angkot, longsor dengan ketinggian 30 meter itu juga mengakibatkan lumpuhnya transportasi kendaraan pembawa bahan bakar minyak (BBM) dari Ruteng menuju Depot BBM di Reo.

Hingga berita ini diturunkan, di lokasi longsor masih terlihat aktivitas pembersihan material longsor menggunakan tiga alat berat. Para penumpang kendaraan yang terhenti akibat longsor tersebut mengharapkan agar material longsor tersebut segera dibersihkan. (MG)

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

One Response

  1. terry07/03/2013 at 06:14Reply

    jalur reo ruteng memang jalur rawan longsor, perlu keseriusan pemda tuk mengurusinya. pada hari selasa kebetulan saya juga ke lokasi tuk selanjutnya menuju Reo. di lokasi tampak kepala BNPBD Angglus Angkat dan beberapa pegawainya. parahnya lagi ada oknum tertentu yang memanffatkanya tuk black compaign terhadap paket twrtentu di lokasi longsor.

Leave a Reply