Jero Wacik: Hindari Korupsi

Jakarta, Indonesianway.com -  Menteri ESDM Jero Wacik meminta agar seluruh jajaran Kementerian ESDM waspada dan berhati-hati dalam mengambil keputusan serta menghindari  hal-hal yang berbau korupsi. Pimpinan Kementerian ESDM telah berkomitmen anti korupsi. Jika ada pegawai yang ketahuan melakukan korupsi, akan diserahkan ke penegak hukum.

”Akan sedih saudara, keluarga dan anak-anak kalau bapaknya terkena kasus korupsi. Karena itu tidak ada cara lain kecuali kita harus waspada dan berhati-hati,” katanya pada acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Kementerian ESDM, akhir pekan lalu.

Wacik meminta agar karir sebagai PNS yang telah dibangun dengan susah payah, tidak rusak atau sia-sia karena terjerat korupsi. Jika terjadi kebingungan dalam mengambil keputusan, terutama terkait tender, maka sebaiknya meminta bantuan atau berkonsultasi dengan BPKP.

”Kalau BPKP bilang boleh diputuskan, ya diputuskanlah karena korupsi itu urusannya tidak mengenakkan. Tidak baik. Jahat. Tapi kita harus ambil keputusan. Karena kalau tidak ambil keputusan, rakyat tidak dapat listrik dan lain-lain,” tambahnya.

Akan sangat mudah, lanjut Wacik, menghindari korupsi dengan tidak mengambil keputusan. Namun hal itu akan menyebabkan masyarakat tidak memperoleh manfaat. Karena itu, sangat penting untuk saling menjaga, mengawasi disertai niat untuk tidak melakukan korupsi.

”Kalau niatnya korupsi, berapapun dibikin aturan oleh Menpan, akan dicari celah-celahnya. Kalau itu yang terjadi, kalau  sudah tertangkap, kita serahkan ke KPK,” tegasnya.

Program Zona Integritas Bebas Korupsi merupakan program yang disusun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerjasama dengan KPK serta ORI.  Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga atau pemda  yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan
Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply