Supreme Energy Tandantangin Jual-Beli Gas PLTP Rantau Dadap

Jakarta, Indonesianway.com – PT Supreme Energy, GDF Suez Energy International dan Marubeni Corporation melalui perusahaan operasi bersama PT Supreme Energy Rantau Dedap (PT SERD), melaksanakan penandatangananan Perjanjian Jual Beli Listrik (Power Purchase Agreements/ PPA).  

PPA tersebut dilakukan dengan PT PLN (Persero) untuk penjualan dan pembelian listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Rantau Dedap yang akan dibangun di Sumatera Selatan. Pembangkit ini akan dibangun dengan skema Independent Power Producer (IPP).

Penandatanganan PPA ini menandai tahapan penting yang menjabarkan hak dan kewajiban para pihak pada tahap eksplorasi sumber daya panas bumi, tahap pembangunan pembangkit listrik (PLTP) dan tahap operasi pembangkit. PPA ini merupakan salah satu prasyarat yang diperlukan untuk memulai aktifitas eksplorasi pengeboran panas bumi. Pembangkit listrik panas bumi ini diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada tahun 2017.

Kapasitas pembangkit proyek panas bumi di Rantau Dedap ditargetkan sebesar 2 x 110 MW. Listrik yang  dihasilkan oleh pembangkit  listrik tenaga panas bumi ini akan disalurkan ke jaringan PT PLN (Persero) berdasarkan kontrak jual beli listrik selama 30 tahun yang pada hari ini di tanda tangani.  Proyek PLTP Rantau Dedap merupakan Proyek Nasional, dan termasuk kedalam Program Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik 10.000 MW Tahap II berdasarkan Peraturan Perpres No. 4 Tahun 2010 jo Perpres no 48 tahun 2011.

Pada akhir tahun 2010, PT Supreme Energy, dalam konsorsium dengan GDF SUEZ Energy International telah dinyatakan sebagai pemenang tender WKP (Wilayah Kerja Pertambangan) Panas Bumi Rantau Dedap. Ijin Usaha
Pertambangan (IUP) Panas Bumi yang berlaku selama 35 tahun, telah diberikan kepada PT Supreme Energy Rantau Dedap pada tanggal 29 Desember 2010 melalui Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan. Setelah dilakukan kegiatan survey pendahuluan, kegiatan  eksplorasi di Rantau Dedap hingga saat ini telah menyelesaikan survei topografi, survei Gempa Bumi Mikro (MEQ) dan desain enjinering.

Konsorsium PT Supreme Energy, GDF Suez Energy International (Perusahaan yang berdomisili di Perancis) dan Marubeni Corporation (Perusahaan yang berdomisili di Jepang) merupakan kombinasi yang sangat kuat di sektor industri panas bumi karena merupakan gabungan dari  keunggulan, kemampuan teknis, keahlian dibidang panas bumi, dan pengalaman pengembangan IPP, termasuk pengalaman konstruksi dan operasional pembangkit listrik di Indonesia dan seluruh dunia.

PT Supreme Energy didirikan pada akhir tahun 2007 dan telah memulai kegiatan survei pendahuluan panas bumi sejak awal tahun 2008 dengan ditetapkannya penugasan survei pendahuluan di empat wilayah panas bumi di Indonesia.  Perusahaan ini didirikan oleh para profesional dengan pengalaman dan pengetahuan di sektor energi, termasuk  pengembangan dan operasional panas bumi di Indonesia.

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply