Genting Oil Bor Sumur Bedidi-1 Papua

Jakarta, Indonesianway.com -  Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) – Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKS) Genting Oil Kasuri Pte Ltd. melakukan Sosialisasi Kegiatan Pemboran Sumur Eksplorasi Bedidi-1 yang bertempat di Kampung Metimber, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Propinsi Papua Barat, Senin(11/06).

Pertemuan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Fakfak, Aerobi Hindom, dan dihadiri Kepala Distrik Kokas, Subandri Fuad, Kepala Distrik Bomberai, Safar Salawati, Muspika Kokas dan Bomberai, Kepala Kampung Metimber, Nurdin Sinakum, Staf Operasi Perwakilan BPMIGAS wilayah Papua dan Maluku, Otniel Lodewyk Wafom,
Coordinator External Affairs, Ermon Idrus, serta Ketua Dewan Adat Mbaham Mata Kabupaten Fakfak, Zet Gwasgwas, Raja Arguni, Hanafi Paus Paus serta perwakilan masyarakat sekitar daerah operasi.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Aeroby Hindom menyambut baik Sosialisasi yang dilakukan oleh BPMIGAS – KKKS GOKPL dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan pemboran sumur eksplorasi Bedidi-1 yang direncanakan akan dilakukan pada bulan September 2012 di wilayah Kabupaten Fakfak.

“Pada prinsipnya Pemerintah Daerah mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut agar memberikan dampak positif bagi perkembangan pembangunan di wilayahnya. Dengan harapan bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi ini agar mendapat dukungan juga dari petuanan adat, lembaga masyarakat adat serta masyarakat pemegang hak ulayat,” lanjut Aeroby

Kepala Distrik Kokas, Subandri Fuad mengatakan bahwa sosialisasi kegiatan pemboran eksplorasi oleh BPMIGAS – GOKPL di Blok Kasuri merupakan tindaklanjut dari rekomendasi Bupati Kabupaten Fakfak sehingga sebagai perangkat pemerintah dibawahnya akan mendukung pelaksanaannya. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Distrik
Bomberai, Safar Salawati dan sekaligus menyampaikan harapannya bahwa pelaksanaan kehadiran kegiatan industri hulu migas dapat mengoptimalkan potensi lokal (peluang lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal dan pemberdayaan masyarakat lokal).

Coordinator External Affairs, GOKPL, Ermon Idrus, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk menyampaikan rencana kegiatan pemboran eksplorasi dan mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat di wilayah Distrik Kokas dan Bomberai, Kabupaten Fakfak yang akan dilaksanakan pada bulan September 2012. Dalam pelaksanaan kegiatan eksplorasi GOKPL akan mengoptimalkan potensi lokal agar kehadiran perusahaan membawa manfaat positif bagi pemerintah dan masyarakat sekitar.

Ketua Dewan Adat Mbaham Mata Kabupaten Fakfak, Zeth Gwasgwas, menyampaikan bahwa masyarakat membuka diri untuk menerima kehadiran perusahaan GOKPL, namun perlu dijelaskan tentang hak dan kewajiban masyarakat yang diatur dalam perundang-undangan RI karena hal ini belum dipahami secara baik oleh masyarakat. Jika semua pihak paham tentang hak dan kewajibannya,  lanjut Zeth, maka tidak terjadi kendala operasional kegiatan dilapangan.

“Kami menjual kekayaan alam untuk membeli kesejahteraan (Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, dll) bagi kemakmuran orang Papua di negeri
ini,” tutur Zeth Gwasgwas

Subscribe

Untuk mendapat informasi/artikel terbaru kami, Anda dapat berlangganan secara gratis melalui email. Ketik email Anda, kemudian klik link konfirmasi yang kami kirimkan.

No Responses

Leave a Reply